Jenis-jenis Bahan Anti Rayap

Dalam pembuatan obat anti rayap, kita memerlukan bahan kimia didalamnya. Setiap obat rayap memiliki bahan kimia yang berbeda-beda. Perbedaan ini mempengaruhi kualitas dan juga keefektifitasan obat tersebut dalam membasmi rayap. Disini kami akan memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis obat rayap dari berbagai bahan. Dengan begitu, ketika anda ingin menggunakannya, Anda jadi tahu karakteristik bahan ini. Alhasil penggunaannya jadi tepat sasaran.

anti rayap

Jenis Bahan Obat Rayap

Neonicotinoid,

Bahan Anti Rayap yang pertama ada neonicotinoid. Bahan ini merupakan antiseptik yang bisa mengusir rayap. Bahan ini sering digunakan juga dalam proses konstruksi kayu. Selain ampuh, zat neonicotinoid ini memberikan keamanan kepada makhluk hidup lain seperti hewan peliharaan bahkan manusia. Namun bahan ini tetap mampu membunuh serangga termasuk rayap. Cara kerja dari zat ini adalah masuk ke sistem saraf rayap. Setelah masuk zat ini akan mengacaukan sistem saraf didalamnya. Zat ini memiliki efek yang bertahap, hal ini mempengaruhi rayap agar menjauhi bagian kayu yang diolesi bahan ini.

Phenylpyrazole

Selanjutnya ada zat yang cukup efektif dalam memberantas rayap. Zat ini bernama phenylpyrazole. Kemampuannya cukup mumpuni. Pasalnya, hanya dengan sedikit memberikan zat ini, maka rayap bisa terbasmi secara efektif.

Cara kerja dari Obat anti rayap ini berbeda dengan neonicotinoid, pada zat ini efeknya tidak membuat rayap menghindar dari bagian kayu yang diolesi. Cara kerja dari zat ini dengan menghambat dan juga mengendalikan transmisi saraf rayap.

Zat ini cukup ampuh, namun anda perlu memperhatikan juga penggunaannya. Pasalnya zat ini cukup berbahaya tidak hanya bagi hewan peliharaan, namun juga bagi manusia. Apalagi ketika anda memiliki ikan, maka sebaiknya jauhkan zat ini.

Carbamate

Selanjutnya ada zat yang memberikan efek secara stabil. Selain itu carbamate juga terkenal dengan sifatnya yang aman terhadap orang yang sensitif terhadap zat kimia. Untuk cara kerja dari alat ini ada dua. Pertama, zat ini akan menghambat sistem pernapasan dari hewan ini. Selanjutnya, zat carbamate ini akan merusak sistem saraf dari si rayap. Zat ini dinilai cukup stabil, selain itu zat ini juga stabil terhadap cahaya dan juga panas. Namun satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah ketika menggunakannya jangan dekati dengan konstruksi beton. Karena zat ini mengandung alkaline hydrolysis yang bisa menghancurkan konstruksi.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *